Miliarder Bersaing Buat Kapal Terbesar Dunia

| |

Kapal Pesiar Eclipse milik Roman AbramovichPersaingan pamer kekayaan di antara para miliarder dunia kini merambah ke bisnis pelayaran. Saat ini, seorang taipan asal Timur Tengah diketahui tengah membangun kapal pesiar sepanjang 590 kaki dan akan diluncurkan tahun depan.

Kapal yang diberi nama Azzam ini bakal menjadi kapal pesiar terbesar di dunia mengalahkan Eclipse milik Roman Abramovich yang sudah lama memegang rekor tersebut.

Dikutip VIVAnews dari laman CNBC, Minggu, 29 Juli 2012, kapal tersebut kini sedang dibangun di sebuah pelabuhan di Jerman. Panjang kapal pesiar tersebut ditaksir mencapai 180 meter atau sama dengan 1,5 kali panjang lapangan bola ditambah lapangan basket.

Perusahaan pembuat kapal Azzam, Lurssen, menolak untuk memberitahukan detail dari kapal tersebut. Begitu pula dengan pemilik dari kapal pesiar terbesar di dunia tersebut.

Kendati masih dirahasiakan, sebuah foto yang dimuat SuperyachtTimes.com menunjukkan, kapal tersebut memiliki 6 lantai. Kapal ini ditaksir bernilai lebih dari US$500 juta.

Seorang engineer kelautan mengatakan, selain besar, Azzam juga memiliki sejumlah feature yang tak biasa yaitu sistem tenaga penggerak. Dibandingkan menggunakan mesin pendorong seperti kapal pesiar lainnya, Azzam memiliki 4 mesin jet raksasa yang bisa memberikan kecepatan lebih dari 27-28 knots.

"Kami tak pernah melihat sebuah kapal pesiar sebesar ini yang menggunakan mesin jet air," kata seorang engineer kelautan. "Ini akan menjadi kapal tercepat."

Namun, di balik kemewahan kapal tersebut, pertanyaan yang mengemuka sekarang adalah siapa pemilik dari kapal terbesar di dunia itu. Seorang eksekutif mengatakan, pemilik dari kapal Azzam merupakan salah seorang anggota keluarga kerajaan dari Timur Tengah.

Kawasan Timur Tengah saat ini memang tengah mencoba untuk menjadi pusat kapal pesiar dunia. Saat ini, banyak kapal pesiar dan kapal pesiar skala besar yang bersandar di pelabuan.

Timur Tengah tampaknya ingin merebut gelar sebagai pemilik kapal pesiar terbesar dunia, yang saat ini dipegang oleh Rusia. Langkah itu diyakini bisa mengangkat citra Timur Tengah.

Kendati gelar kapal pesiar terbesar dunia bakal direbut pesaing barunya, Roman Abramovich tampaknya santai menghadapinya. Pemilik klub Chelsea ini cukup puasa telah menggenggam gelar itu sejak 2010 dengan mengalahkan kapal pesiar Larry Ellison bernama Rasing Sun sepanjang 454 kaki.

Gelar sebelumya dipegang oleh kapal pesiar Octopus sepanjang 414 kaki yang dimiliki pendiri Microsoft, Paul Allen.

Kendati persaingan menjadi kapal pesiar terbesar di dunia semakin ketat, kondisi pasar industri ini masih tetap lemah. Seorang ahli kapal pesiar mengatakan, dari lusinan kapal yang dibuat, panjangnya tak pernah lebih dari 250 kaki.

"Saat ini, terlalu banyak kapal dan hanya beberapa saja yang mau dan mampu membelinya," kata ahli tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut